Jumat, 30 November 2012

Cara Mendigitasi Peta Daerah Jogja

  
Sebelumnya  sudah kah anda tau apa yang di maksud dengan Proses Digitasi Peta ?, Digitasi merupakan proses pengkonversian feature spasial pada peta ke dalam format digital. Untuk mendigitasi, peta harus dilekatkan ke meja digitasi (digitizer), selanjutnya dilakukan penulusuran titik dan garis dengan kursor digitasi atau keypad. Sebelum pemasukan data melalui proses digitasi, perlu diperhatikan informasi apa saja yang terdapat pada peta dan untuk tujuan apa pembangunan basis data yang akan disusun, untuk selanjutnya dilakukan pemisahan data dalam layer-layer. namun kali ini kita tidak menggunakan meja digitizer, tetapi menggunakan sebuah aplikas yang bernama "ArcView" berikut langkah-langkah atau proses digitasi dengan menggunakan aplikasi "ArcView"


langkah pertama adalah menentukan dulu peta yang akan kita digitasikan misalnya peta jogja :


langkah kedua kemudian kita mulai menentukan batas-batas wilayah yang akan didigitasi untuk batas wilayah secara keseluruhan.

Dengan menambahkan view > add theme untuk membuat theme baru


langkah ketiga kita bisa langsung menyeleksi batas-batasan dengan cara mengurutkan batas dengan menggunakan mouse  sampai batasan tertutup semua


kita tentukan batas batas kampungnya Dengan menggunakan line tool


pada saat ingin mewarnai gambar peta jogja yang telah mempunyai format JPEG image suport, dan MNDNR streaming Digitizing extension. dengan cara File-->extension lalu kita mulai mendigitasi dengan mengklik menu Edit Tool,Edit Theme, lalu memilih new Poligon beri nama laglu mulai mengaris sesuai peta..


setelahsemua gambar peta jogja berubah warnaya pembagian peta kemudian kita mengecek garis mana yang sudah terhubung atau garis mana yang masih terputus , karena poligon harus terhubung dan tidak boleh ada yang terputus


Setelah mengecek kita menggunakan beberapa tool untuk mengedit (jika titik hijau maka sudah betul, jika terdapat titik merah maka masih terjadi kesalah pada Poligon kita, maka dari itu ada beberapa tool yang untuk membenarkan bentuk foto itu)


ketika sebuah  peta jogja selesai di edit dan semua titik telah benar digitasi peta sudah tidak ada yang berwarna merah maka kita lakukan finishing dan akhirnya digitasi telah selesai untuk warna yang sesuai dengan yang kita inginkan.


Semoga Bermanfaat...  

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar